Home » » Surga Menurut Beberapa Agama (Part.3 - Hindu)

Surga Menurut Beberapa Agama (Part.3 - Hindu)

Pengertian Surga
Sorga, atau juga surga(bahasa Sanskerta svarga, स्वर्ग, "kayangan") adalah suatu tempat di alam akhirat yang dipercaya oleh para penganut beberapa agama sebagai tempat berkumpulnya roh-roh manusia yang semasa hidup di dunia berbuat kebajikan sesuai ajaran agamanya.

Dalam bahasa Jawa kata tersebut diserap menjadi swarga. Sorga dalam bahasa Arab disebut jannah, sedangkan dalam bahasa Hokkian digunakan istilah thian (天).

Surga Menurut Hindu
Menurut Hindu, surga berasal dari kata "svar" yang artinya "cahaya" dan "ga" (go dalam bahasa Inggris artinya pergi). Dengan demikian, swarga diartikan "pergi menuju cahaya". Mengutip Veda dan Upanisad, dijelaskan bahwa surga adalah “dunia ketiga yang penuh cahaya, di mana cahaya matahari, bulan dan bintang tidak ada artinya apa-apa dibanding cahaya yang dipancarkan surga.

Surga dalam agama Hindu merupakan suatu tempat sementara bagi jiwa yang penuh dengan pahala namun belum cukup suci untuk mencapai Moksha. Setelah menikmati surga sesuai dengan pahala yang dimilikinya, jiwa tersebut akan kembali menjalani proses reinkarnasi untuk mencapai kesucian jiwa dan mencapai moksha. Surga adalah kesenangan sementara, sedangkan kebahagiaan yang sejati adalah Moksha, bersatunya Atman (Jiwa) dengan Brahman yang bersifat kekal (abadi). Bagawad Gita dalam hal ini mengatakan:
Bhagavad-gita 8.15
“Sesudah mencapai kepada-Ku, roh-roh yang mulia, yogi-yogi dalam bhakti, tidak pernah kembali ke dunia fana yang penuh kesengsaraan, sebab mereka sudah mencapai kesempurnaan tertinggi”

Bhagavad-gita 9.21
“Bila mereka sudah menikmati kesenangan indria-indria yang luas di surga seperti itu dan hasil kegiatan salehnya sudah habis, mereka kembali lagi ke planet ini, tempat kematian. Jadi, orang yang mencari kenikmatan indria-indria dengan mengikuti prinsip-prinsip dari tiga veda hanya mencapai kelahiran dan kematian berulang kali.”
Pahala dan Karma baik berperan besar dalam memberikan Takdir yang baik dalam kelahiran dan kehidupan berikutnya bagi sang jiwa sebagai bagian dari kenikmatan atas pahala dan karma baik yang dimilikinya, seperti terlahir sebagai di keluarga kaya, terlahir dengan fisik sempurna, dll.


Semoga Bermanfaat,
Baca Artikel Menarik Lainnya hanya di fadlybachtiar.blogspot.com

Surga Menurut Beberapa Agama ( Part.1 - Islam )
Surga Menurut Beberapa Agama ( Part.2 - Kristen )
Surga Menurut Beberapa Agama ( Part.4 - Kristen )
Share this article :

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak . Terima kasih karena telah menggunakan bahasa yang sopan pada form komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fadly Bachtiar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger