Home » » Meditasi Pernapasan ( Part 1.1 of 4 Postur Tubuh Bagian Bawah )

Meditasi Pernapasan ( Part 1.1 of 4 Postur Tubuh Bagian Bawah )

Disarankan untuk duduk dengan kaki bersila. Ada beberapa macam cara bersila. Pertama adalah bersila dengan postur Teratai Penuh. Letakkan kaki kanan di atas paha kiri, kemudian letakkan kaki kiri di atas paha kanan dengan cara menyilang di atas betis kanan. Kita boleh juga membalik posisinya sehingga kaki kanan yang berada di atas kaki kiri. Posisi ini sangat stabil tetapi jarang yang bisa melakukannya.

Kebanyakan orang lebih nyaman dengan postur Setengah Teratai. Pada postur ini hanya satu kaki yang di letakkan di atas paha. Apabila postur setengah Teratai juga kurang nyaman, kita bisa menggunakan postur seperempat Teratai. Bahkan kita bisa menggunakan postur duduk ala Birma yaitu sekadar letakkan betis di lantai tanpa perlu saling bersilangan. Letakkan betis satu di depan betis lainnya.

Bila anda merasa lelah dengan postur duduk bersila, anda bisa menggunakan postur duduk bersedekuh untuk bermeditasi. Postur duduk bersedekuh ini sering disebut dengan kneeling atau seiza.

Dalam duduk bersila ataupun bersedekuh kita membutuhkan perlengkapan berupa alas duduk (matras) dan bantal meditasi (cushion). Apabila anda tidak bisa duduk bersila ataupun bersedekuh seperti contoh di atas, anda bisa mencoba duduk bersedekuh dengan menggunakan bangku atau duduk di kursi. Postur tubuh bagian bawah yang baik menjadi landasan agar postur tubuh bagian atas juga bisa menjadi baik.

Semoga Bermanfaat,
Baca juga :
1 of 4 Postur Tubuh
1.2 of 4 Postur Tubuh Bagian Atas
1.3 of 4 Perlengkapan Meditasi Duduk
1.4 of 4 Postur Wajah
2 of 4 Merelakskan Tubuh
3 of 4 Memperhatikan Keseluruhan Tubuh
4 of 4 Menyadari Napas
Sumber : Meditasi Zen
Share this article :

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak . Terima kasih karena telah menggunakan bahasa yang sopan pada form komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fadly Bachtiar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger